From...First...To...Last

..... My Journey ..... - an Indonesian blog about everything -

Name:
Location: Beijing, Beijing, China

i'm a SiMpLe GirL... nOt PeRFeCt... EaSy GoinG... LiKe joKes... sMiLE... HaPpY.. SLeePinG !!! I eNjOy RaiNy DayS

Jul 27, 2008

Untuk Johan

Dear Johan

thanks loh udah sempat mampir ke blog aku.

aku dalam dunia ngajar mengajar seh belum lama.. hampir 2 tahun sejak aku pulang dari beijing aja.jadi pengalaman masih dikit trus aku kombinasi sama pengalaman aku belajar di beijing

sebelum mereka mau mulai 1 minggu deh biasanya aku ngobrol ngobrol dulu sama yang mau les dari sana biasanya mereka itu ada 3 kategori.
1. belum belajar sama sekali
biasanya mereka ini disekolah tidak ada pelajaran mandarin atau karyawan gitu.
2.Keturunan chinese
nah.. yang itu bisanya orang keturunan yang udah rada rada ngerti mandarin tapi dibahasa mandarinnya di campur aduk sama bahasa ibunya trus biasanya mereka cuma bisa ngomong (contohnya orang medan , bangka , kalimantan , dll )
3.Sudah belajar di sekolah
biasanya mereka sudah bisa beberapa kata mandarin berikut cara menulisnya.

cara ngajar nya tergantung tipe di atas itu . jadi aku kalo ngajar setiap murid pasti beda materi nya jadi musti disiapin juga .
1.untuk yang belum belajar sama sekali biasanya bukunya buku conversation + sekalian cara nulis
2. untuk yang sudah bisa ngomong lancarin percakapannya + nulis pinyin + cara penulisan yang benar
3.untuk yang dapat dari sekolah , biasanya buku dari sekolah nya aku pelajari tuh aku tambahan sama bahan bahan buku yang ada. jadi mereka lebih mendalam mandarin nya.

alat bantunya :
1. pasti nya buku. aku biasanya aku menyediakan buku mulai dari komik , bergambar sampai untuk dewasa. bukunya aku dulu beli sewaktu pulang dari beijing.
Aku ga perna beli buku yang di jual disini sebab kalau aku liat liat di toko buku di sini rata rata suka di campur antara yang dari China sama Taiwan.
2. cd, dvd, untuk mereka belajar listening , belajar intonasi nya , belajar lagu lagu .. biasanya seh anak anak lebih cepat hapal kalo materinya di lagu sama di gambar .
3. kamus mandarin + laptop mandarin . biasanya aku kasih ini setelah 1 lesson selesai , jadi aku biasanya dikte mereka yang nulis pinyin sama hanzi nya di laptop biar mereka bisa pilih huruf mana yang benar
4.foto foto , ada waktu nya aku kasih tau sejarah china , makanan disana , tempat bersejarah , kota kota yang terkenal di china. aku seh pikirnya biar mereka juga mengenal china tidak hanya bahasanya saja. termasuk hal yang baik / buruk tentang kehidupan disana.

kayanya segitu aja deh sharenya , mungkin aku prinsipnya ngajar fun tapi mereka juga dapet ilmu nya.

pertama kali ngajar juga deg deg an ... tangannya dingin gt.. lama lama asik koq. apalagi kalau mereka inget pelajaran kita trus pas kita tanya lagi masih inget.. itu ga terlupakan deh.

share juga ya pengalaman kamu. di tunggu loh...

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home